Senin, 31 Oktober 2011

Menginstall Windows XP Pada Netbook Asus Eee PC 1215P Seashell

Anda yang menginginkan netbook dengan layar 12”, mungkin Asus Eee PC 1215P dapat dijadikan solusi. Walaupun berotak Intel Atom Dual Core N570, kalau cuma buat ngetik dan browsing sudah lumayanlah, apalagi harganya di bawah 3 juta perak. Dan yang lebih penting, buat mata lumayan nyaman.

Seperti umumnya notebook dan netbook lainnya di masa kini maka rekomendasi OS untuk Asus Eee PC 1215P adalah Windows 7. Buat anda yang belum familier atau belum beradaptasi dengan Windows 7 maka “biasa” anda akan menemukan kesulitan jika harus memasang Windows XP di Asus Eee PC 1215P ini.

Pengalaman menginstall Windows XP pada Asus Eee PC 1215P betul-betul mengesankan, seperti dikerjai oleh Acer 4736 pada postingan saya yang lalu.

Awalnya si Asus Eee PC 1215P yang ber-OS Windows 7 kena virus WGA sehingga banyak errornya. Biar ndak begitu kumatan dan biar kinerjanya lebih bagus, maka si empunya minta diganti Windows XP saja.

Langkah pertama yang harus saya lakukan tentu saja adalah berburu driver Windows XP untuk si Asus Eee PC 1215P, karena di web Asus cuma ada driver Audio dan Touchpad doang. Tidak mudah ternyata berburunya, karena rekomendasi untuk si Asus Eee PC 1215P adalah Windows 7, tapi asal kita tahu jeroannya (hardware) si Asus Eee PC 1215P, maka akhirnya beres juga, walaupun sebagian berasal dari Asus Eee PC 1015. No problem.

Nah, sekarang giliran menginstall Windows XP SP2 di Asus Eee PC 1215P.
Biasa, format ulang harddisk pakai Hiren, lalu jalankan Windows XP-nya sambil mengerjakan job lain. Awal mulanya lancar-lancar saja, namun sampai “Installing Devices” berhenti pada 34% dan ndak mau jalan-jalan lagi alias mogok. Lalu saya off-kan paksa dengan memencet tombol power dan saya restart lagi, tetap saja 34% Installing Devices = MOGOK. Saya format ulang harddisk, setting BIOS AHCI saya ganti IDE. Saya install lagi Windows XP, tetap mogok lagi pada 34%. Saya ulangi lagi, entah sampai berapa kali.

Kepikiran dengan pengalaman sama Acer 4736, saya coba Windows XP SP1 dan lancar-lancar saja proses penginstallannya sampai  finish seperti dugaan saya. Tapi banyak driver dan aplikasi yang tidak support, “no problem” (pikir saya). Lalu saya lakukan upgrade menggunakan Windows XP SP2, Eee ... lhadalah ..... sampai 34% mogok juga. Saya format lagi, saya install Windows XP SP1 dan kini ganti saya upgrade pakai Windows XP SP3, sama saja = MOGOK lagi.

Di tengah keputusasaan, sebelum saya lancarkan jurus pamungkas (apa boleh buat pasang Windows 7 lagi), iseng-iseng sowan Mbah Google, akhirnya ketahuan jurus simpanannya, yaitu : ubah Max CPUID Value Limit menjadi Enabled, caranya :

Masuk BIOS pilih Advanced, pada Max CPUID Value Limit ganti menjadi Enabled.

Beres dah, setelah itu penginstallan Windows XP SP2 berjalan lancar sampai finish.

Buat para komputermania yang membutuhkan driver Windows XP untuk Asus Eee PC 1215P, silahkan download dari link di bawah ini. Selamat mendownload.

Download : Driver Asus Eee PC 1215P
Chipset Driver (Intel Chipset-TNM10-V9.1.1.1020)
ACPI Driver (Version 1.0.0.1)
Display Driver (Intel(R) Graphic Media Accelerator 3150)
Audio Driver (Realtek ALC269 Audio Driver)
LAN Driver (Atheros AR8152/8158 Ethernet Driver)
Wireless Driver (Atheros AR9285 Wireless Network Adapter)
Keyboard Filter Driver (Version 1.0)
AHCI Driver (Intel(R) NM10 AHCI Controller Driver)
Touch Pad Driver (Version 1.0)
 

Download : Utility Asus Eee PC 1215P
Super Hybrid Engine Utility (Version 1.22)
ECam Utility (Version 2.0.2.5)


Buat para komputermania yang gagal menginstal wireless driver, silahkan gunakan software yang dapat digunakan untuk menginstal semua driver LAN dan WIFI untuk semua notebook di bawah ini.

Download : Lan and Wifi Driver for All Notebook

Bagi anda yang males download dan ndak mau ribet, silahkan klik disini.

48 komentar:

  1. NICE JOBS..

    MEMBANTU SEKALI
    MATUR TENGKYU..

    BalasHapus
  2. Ya, sama-sama. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  3. Display Driver File not found.... :(

    BalasHapus
  4. @Angga
    Iya betul, file not found. Trims infonya, link-nya sudah saya ganti.
    Buat sobat komputermania, kalau di 1215P ada link yang error pakai saja yang di 1015P sama saja kok.

    BalasHapus
  5. sangat membantu sekali ... semalaman aku dikerjain juga ... jebule cuman dibios ... makasih ... dan saya sepaham dengan moto hidup anda "Insya Allah hidup kita akan mudah jika kita dengan ikhlas sering memudahkan orang lain" dan hal itu saya lakukan dalam keseharian ... semoga kita termasuk orang orang yang dimudahkan segala sesuatunya ... matur nuwun

    BalasHapus
  6. sukron katsiron,
    semoga info mas dibalas oleh Alloh SWT dengan balasan yg berlipat ganda. Amiin

    BalasHapus
  7. gan link nya smuanya ga bisa di download . . . . please upload di mediafire aja

    BalasHapus
  8. gan link nya smuanya ga bisa di download . . . . please upload di mediafire aja

    BalasHapus
  9. saya tunggu balasannya secepatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua link masih normal Gan, dan masih bisa didownload. Sudah saya coba dan ndak ada masalah.
      File-file tersebut tidak saya upload tapi asli dari ASUSTek Computer.

      Jangan lupa setelah masuk web ASUS baik di 1215P atau di 1015P lalu pilih OS : WinXP, lalu klik drivernya dan klik lagi Global DLM atau Global untuk download filenya. Silahkan dicoba lagi .... semoga berhasil.

      Hapus
  10. banyak file yg didownload ya mas, gede2 lg filenya?

    BalasHapus
  11. makasih sangat membantu....

    BalasHapus
  12. untuk tombol2 fn nya biar aktif install apa di xp ya?

    thanks

    BalasHapus
  13. kira2 yng sama ma 1015p wat 1215p pa z gan drivernya? makasih gan sebelumnya

    BalasHapus
  14. Buat para sobat komputermania, cara downloadnya sudah saya ubah agar lebih mudah dan menyenangkan.
    Silahkan klik link-nya, ndak usah muter-muter, ndak usah milih-milih drivernya ... langsung ke-download filenya dan Eee PC1215P Seashell anda sudah bisa beroperasi dengan baik.
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  15. Nice Post. Very Helpful.

    Thanks a lot, Mas Teguh.

    BalasHapus
  16. wah.. Akhirnya ketemu permasalahannya.
    Saya sudah melihat setinggan Max CPUID itu tapi tidak mengubah enable karena keterangannya
    ''disable for windows xp''
    Tapi setelah saya enable ternyata proses berjalan lancar..
    Terimakasih pak sharenya...
    Sangat membantu.

    BalasHapus
  17. Buat semuanya, terima kasih atas comment-nya. Alhamdulillah bila bermanfaat.

    BalasHapus
  18. Maaf saya udah coba semua instal berjalan dengan baik tetapi hanya satu yang gagal yaitu wireless kenapa ya?? mohon bantuannya,,

    BalasHapus
  19. Buat komputermania yang gagal menginstall wireless-nya, di akhir posting sudah saya tambahkan link untuk mendownload software yang dapat menginstall secara otomatis driver LAN dan WIFI untuk semua Notebook dan PC.
    Semoga dapat membantu Mas Anonim.

    BalasHapus
  20. huaaaaa.. thanks berat Bang Hanif.
    hehehe..

    BalasHapus
  21. gan tolong upload game proskater dunx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Game Tony Hawk's Pro Skater 4 PC GAME, silahkan download di link berikut ini :

      http://www.4shared.com/rar/4w2mkc7l/Tony_Hawks_Pro_Skater_4_PC_GAM.html

      Atau di sini :

      Tony Hawk's Pro Skater 4 PC GAME Part1:
      http://download50.mediafire.com/98wbj3br6qog/0lrwnes9jflb24y/Tony+Hawks+Pro+Skater+4+%28Rip%29_idocxxx.part1.rar

      Tony Hawk's Pro Skater 4 PC GAME Part2:
      http://download224.mediafire.com/epr3vkzqxigg/jjktpyambsoe9ro/Tony+Hawks+Pro+Skater+4+%28Rip%29_idocxxx.part2.rar

      Hapus
  22. Matur Nuwun Bang Hanif, mudah2an dilancarkan semuanya...and Berkah

    BalasHapus
  23. klo buat 1225 bisa g ya mas,,,
    thxs sharenya membantu bgt...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk 1225 saya belum pernah coba, tapi kalau 1025 (processor baru N2800 = 1225) sudah pernah saya coba tapi ada beberapa driver yang tidak support. Untuk 1025 tersebut belum sempat saya cari solusinya karena yang empunya pengin buruan pakai, sehingga akhirnya saya pasang Windows 7.

      Hapus
  24. mohon bantuan nya , , saya menggunakan asus 1215p , setelah E-Cam nya saya instal tapi masih gak aktif juga , solusi nya gimana ya ? ?
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dicek dulu di device manager, driver webcam-nya aktif atau tidak / conflict atau tidak?
      Dan dicek juga di device manager, di USB controller-nya ada unknown device atau tidak?

      Hapus
  25. ACPI driver nya kok error ya setelah install .. acpi not found terus setelah selese install, utk acpi ini di web asus cari di bagian apa ya utk 1215p ini? ..

    BalasHapus
  26. AHCI nya kok g bisa d instal ya,
    jadi nya saya klo mw masuk windows XP t gnt jadi IDE dl, trus klo k windows 7 d gnt AHCI.......
    ribet gt.....

    BalasHapus
  27. Permisi mau tanya Gan...
    Saya punya yang 1025 pake windows 7...
    Cuman webcam tidak aktif...
    Bagaimana cara aktifkannya ya Gan...

    Mohon bantuannya... matur thank u

    BalasHapus
  28. Mas.. saya punya asus pc model 1215p dgn memakai windows 7 dan mau saya rubah menjadi windows xp, kira2 bisa n nantinya akan jadi masalah atau tidak ya. t

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari 3 unit Asus Eee PC 1215P Seashell yang saya install Windows XP tidak ada satupun yang bermasalah dan semuanya baik-baik saja. Bahkan salah satunya sudah saya install ulang Windows XP sampai 2 kali karena kena virus, dan setelah itu tidak pernah ada masalah.
      Yang jelas anda akan merasakan performa yang lebih tinggi dengan Windows XP daripada menggunakan Windows 7 yang menurut saya cukup berat untuk netbook dengan processor Intel Atom.

      Hapus
  29. Buat komputermania, perlu diingat bahwa E-Cam adalah software dan bukan driver. Untuk menginstall E-Cam maka webcam anda harus sudah terinstall dulu driver USB Videonya yang sudah ada otomatis setelah kita menginstall Windowsnya. Kalau setelah menginstall Windows, USB Video tidak ada berarti anda kurang lengkap dalam menginstall Windowsnya.

    BalasHapus
  30. Untuk yang tidak berhasil menginstall AHCI, itu karena HDD anda disetting IDE. Jika demikian maka AHCI ndak perlu diinstall karena memang tidak dibutuhkan.

    Kalau HDD disetting AHCI, maka konsekuensinya dalam Master Windows XP anda harus sudah dicangkokkan driver sata-nya. Untuk membuat Master Windows XP + Sata silahkan baca artikel berikut.
    http://hanifumega.blogspot.com/2010/12/menginstall-windowsxp-pada-hp-compaq.html

    BalasHapus
  31. PERHATIAN UNTUK YANG E-CAM-NYA TIDAK BERFUNGSI DAN LAYAR WEBCAM-NYA GELAP!!!

    Jika driver USB Video di device manager sudah no problem, jangan-jangan anda lupa membuka penutup webcam-nya.

    BalasHapus
  32. Untuk keberhasilan penginstallan Windows XP pada Netbook Asus Eee PC 1215P Seashell perlu diperhatikan : setelah anda menginstall Windows XP, installah lebih dulu Chipset-nya lalu restart. Setelah Chipset terinstall baru install driver-driver yang lain sesuai urutan download di atas.

    Semoga membantu dan bermanfaat untuk semua komputermania.

    BalasHapus
  33. Kalau untuk cara Install Windows Xp Di Asus Eee Pc 1015bx gimana ya? tolong dibantu ya karena aku coba gagal terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca untuk Asus Eee Pc 1025 berikut
      http://hanifumega.blogspot.com/2012/09/menginstall-windows-xp-pada-asus-eee-pc.html

      Cuma memang beda processornya, siapa tahu dapat sedikit menolong.

      Hapus
  34. Assalamualaikum WR.WB

    1.pilih profil name/url.
    2.pada name ketik nama anda/blog anda.
    3.pada url isi alamat url blog/
    kosongkan jika tidak punya blog.
    4.Untuk merahasiakan nama anda pilih opsi ANONIM
    jika komentar anda berupa pertanyaan tidak akan
    ditanggapi jika anda memilih opsi anonim.

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. mas ko yang saya gagal terus pake xp sp3..malah muncul

    A problem has been detected and windows has been shut down to prevent damage to your computer.
    If this is the first time you've seen this stop error screen,

    ***STOP:0x0000007B (0xF78D2524,0xC0000034,0x00000000,0x00000000)

    gimana tuh om solusinya?

    BalasHapus
  37. makasih untuk infonya mas,,,,
    tapi ketika netbook temen pengen install ulang pake windows 7 ultimate ko gak bisa...
    netbook eee pc 1215p

    BalasHapus
  38. Terimakasih agan Hanif sangat membantu sekali, ternyata hanya masalah settingan bios

    salam persahabatan dari Medan

    HORAS :)

    BalasHapus
  39. klo instal asus eee pc 1215 yang prosesornya amd c-50 gimana???
    trus driver bawaan asus bisa di pakai ngga???
    thanks gan..

    BalasHapus
  40. Sorry banget semuanya .... jarang chek komentar jadinya ndak ketahuan ....

    BalasHapus
  41. Komentar sekarang saya setting terkirim juga ke email saya ... jadi sekarang pasti ketahuan

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.