Sabtu, 07 April 2012

Notebook Toshiba C640 Mati Suri

Pengalaman unik, dan kenapa bisa terjadi sesungguhnya saya tidak tahu, dan saya hanya menduga-duga saja.

Beberapa hari yang lalu ada pasien Toshiba Satelite C640 Dual Core, masih usia garansi karena deadlinenya bulan Mei 2012.
Menurut cerita si empunya, awal-awalnya di minggu pagi kemarin dia bersama si C640 bermesraan sampai siang hari dan NO PROBLEM. Sore harinya di saat dia akan melanjutkan kemesraannya, ternyata si C640 mogok. Pertama kali dipencet tombol power, bisa nyala lalu tiba-tiba "pet" dan mogok. Tombol power dipencat-pencat ndak bergeming itu si C640, malah semua lampu indikator berkedip-kedip (lampu power, lampu Caps Lock, dan lampu DVDROM). Setelah pusing sembilan keliling akhirnya si empunya sms dan meluncurlah esoknya si C640 ke rumah.

Ternyata betul penyakitnya si C640 seperti yang diceritakan si empunya. Pusing juga mikirinnya karena belum pernah menghadapi penyakit beginian. Kalau biasanya konsultasi sama Mbah Google, kali ini coba konsultasi sama teman. Teman A bilang : "Itu yang kena chipsetnya Pak, ganti saja. Ini di rumah saya ada 3 pasien merk sama juga mati. Setelah saya bongkar dan saya tes, ternyata chipsetnya mati". Teman B bilang : "Coba dijemur Pak, kemarin saya juga ada pasien merk sama, saya jemur mau hidup tapi sebentar mati lagi dan tidak mau hidup lagi".

Ide teman B memberi inspirasi, mungkinkah kaki-kaki chipsetnya lembab kemudian terjadi konsleting. Keesokan harinya kira-kira pukul 13 siang si C640 dengan hati berdebar-debar (berdebar-debar karena masih garansi dan siapa tahu tindakan saya malah menyebabkan jadi makin parah penyakitnya) saya jemur di bawah panas matahari (sangat panas waktu itu karena tidak ada mendung), dengan posisi terbalik. Kurang lebih 5 menit kemudian saya raba bodinya sudah terasa panas dan saya ambil (khawatir LCD-nya kepanasan malah jadi rusak). Kemudian coba-coba saya pencet tombol power, tetap tidak mau hidup. Saya pencet lagi kira-kira 3 detik ...... DEG ..... hiduplah si C640 .... Alhamdulillah. Begitu muncul desktopnya langsung saya shutdown, khawatir pengalaman teman B terulang pada saya.

 Keesokan siang harinya, suasana mendung tapi si matahari masih kelihatan (jadi ndak panas-panas betul) si C640 saya jemur lagi kira-kira 2 jam lebih, sampai kira-kira kalau memang di dalam berembun, embunnya sudah ngacir. Kembali dengan hati berdebar-debar saya pencet tombol power dan hiduplah si C640.
Selanjutnya untuk checking, apakah sudah sehat betulan atau belum, saya biarkan si C640 dalam keadaan menyala sambil saya update antivirusnya, saya tune-up sistemnya ..... dan Alhamdulillah sampai selesai prosesnya, si C640 tetap sehat wal'afiat, tapi saya belum berani ngabari si empunya, karena siapa tahu itu hanya sementara.
Keesokan harinya, saya coba hidupkan lagi si C640 dan Alhamdulillah lagi, tetap baik-baik saja.

Nah, itu tadi pengalaman unik pertama saya dengan Toshiba C640 Dual Core yang mati suri. Apa kira-kira penyebabnya? Saya tidak tahu karena saya ndak berani mbongkar si C640 yang masih bergaransi.

Semoga bermanfaat.

1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.