Sabtu, 14 September 2013

Menambahkan Printer PDF Di PC / Laptop

Pada posting yang lalu, saya telah membahas tentang Menyimpan File Microsoft Excel Ke PDF (Convert Excel to PDF), sehingga kita dengan mudah dapat menyimpan file Office kita ke PDF dalam waktu singkat.

Namun dalam kesempatan lain mungkin kita akan bertanya ... Bagaimana kalau Office kita bukan Microsoft Office 2007?? Bagaimana kalau ada yang meminta kita untuk mengirimkan gambar atau foto dalam bentuk PDF?? Dan lain-lain ..... dan lain-lain ...

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, maka 
menurut saya solusinya cuma ada satu  ... yaitu kita harus menambahkan Printer PDF di PC atau laptop kita, sehingga kita dapat mencetak apapun dari PC/laptop kita ke dalam format PDF. 

Banyak software yang menawarkan kemampuan mencetak dalam bentuk PDF, misalnya CutePDF Writer, PDF Creator, dan Nitro PDF. Namun menurut saya, CutePDF Writer merupakan salah satu software yang mudah ditambahkan terutama bagi pemula atau orang awam dan yang paling penting adalah GRATIS (Freeware). Untuk itu pada posting kali ini saya akan membahas mengenai penggunaan CutePDF Writer dalam peran menciptakan file PDF di PC/laptop kita.

Langkah instalasinya sangat mudah, semudah menelan permen karet .... he ... he ... he ... Pertama download dulu software instalasinya dari link di bawah, yaitu:

1. File Converter.exe
2. File CuteWriter.exe

Setelah kedua software tersebut anda peroleh, instal kedua software tersebut sesuai urutan di atas lalu restart PC/laptop anda. 
Selanjutnya cek di Printers and Faxes, apakah CutePDF Writer sudah ditambahkan di daftar printer anda?

Klik Start - Printers and Faxes



Pastikan telah terdapat icon printer dengan nama CutePDF Writer.

Nah, sekarang anda siap mencetak apapun dari PC/laptop anda ke dalam format PDF. Tinggal mengubah nama printer pada waktu mencetak, maka semua hasil cetak anda bisa keluar dalam format PDF. Sebagai contoh, perhatikan screenshoot pencetakan file Word di bawah ini.




Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Download : Converter
Download : CutePDF Writer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.