Sabtu, 17 April 2010

Menginstall Windows XP Pada Laptop Acer 4736

Pernah dikerjai Acer 4736?
Kelihatannya Acer 4736 dan beberapa saudaranya punya kelakuan yang kurang baik. Dua kali saya dikerjain Acer 4736, namun alhamdulillah yang kedua ketemu solusinya.
Berikut pengalaman saya.
Acer 4736 New yang berisi Linux, sesuai permintaan User saya ganti dengan Windows XP Professional SP 2 dengan tanpa hambatan. Empat bulan kemudian laptop tersebut kembali pada saya karena error kena virus. Seperti biasanya drive C: saya format dan saya install ulang lagi Windows XP Prof SP2, namun betapa geramnya saya begitu tahap Installing Devices pasti mogok. Saya format lagi dan saya install lagi tetap mogok, mungkin ada 15 kali lebih saya format dan install.
Saya coba pakai Windows XP Prof non SP, okey bisa dan lancar-lancar saja proses penginstalannya, tapi waktu install driver-drivernya, soundnya ndak mau keluar, Realtek dan HDA-nya ditandai penthung (!).
Langkah yang kemudian saya lakukan, melakukan upgrade menggunakan WinXP Prof SP1. Tapi bukannya selesai masalahnya, tapi timbul masalah lain. USB Videonya tidak terdetect dan USB 2.0 nya tidak responsif. Saya pikir no problem.
Lalu saya lakukan upgrade yang kedua menggunakan WinXP SP2, tapi saat tahap Installing Devices tetap mogok.
Berhubung kepala saya butek dan tidak tahu jalan keluarnya, langkah di atas saya ulangi berkali-kali, hingga entah berapa kali harddisk-nya saya format dan saya install ulang WinXP. Dengan kerja keras selama satu minggu lebih entah mengapa tiba-tiba Windows XP SP2-nya bisa masuk dan jalan. Alhamdulillah.
Tapi ternyata permasalahan belum selesai. Satu bulan kemudian si Acer 4736 itu kembali lagi. Permasalahannya sama, tidak bisa masuk Windows, hanya loading saja lalu mogok. Lagi-lagi masalahnya karena virus.
Permasalahan di atas ternyata terulang lagi. Instalasi WinXP non SP, Sound Realtek dan HDA-nya tidak support. Instalasi Windows XP SP1, USB 2.0 nya tidak support hingga USB Video nya menghilang dari peredaran. Instalasi Windows XP SP2, mogok waktu Installing Devices.
Dengan menyaring berbagai informasi dari Mbah Google dan berimprovisasi sendiri, akhirnya saya mendapatkan solusinya sebagai berikut :
1. Format ulang harddisk.
2. Install Windows XP SP1.
3. Install Chipset dan driver-drivernya.
4. Update dengan Windows XP SP1a (filenya sp1aexpress_usa.exe).
5. Upgrade menggunakan Windows XP SP2.
6. Setelah selesai upgrade begitu restart pertama, lakukan update dengan file berikut :
a. kb888111xpsp2.exe
b. KB934428-v3-x86-ENU.exe
c. KB884020-x86-enu.exe
d. KB932823-v3-x86-ENU.exe
Semua file update tersebut bisa didownload disini.
Itu tadi pengalaman saya dikerjai Acer 4736 dan solusinya. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat-sobat semua para komputermania.

"Insya Allah hidup akan mudah jika kita dengan ikhlas sering memudahkan orang lain"

1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.