Jumat, 21 Februari 2014

Mengatasi Masalah Installasi Windows 7 pada Acer Aspire V5-132P

   

Notebook produk terbaru sudah pasti recommended OS-nya Windows 8. Padahal saya belum pernah punya pengalaman menginstall Windows 8, dan banyak user juga belum familier dengan Windows 8 sehingga dijamin user pasti bingung.

Kali ini datang Acer V5-132P. Saya teliti wajah DVD bundle drivernya ... tidak tertulis OS apapun, tapi dapat saya pastikan ... pasti Only Support Windows 8.

Terinspirasi postingan saya sebelumnya Menginstall Windows 7 pada Acer AO756 langsung saja saya install Windows 7 x64. Setelah menginstall Windows 7 ... kemudian giliran menginstall driver-drivernya, betul ternyata ... Only Support Windows 8. Mulailah perburuan driver Windows 7 dilakukan. Pertama saya cek official web-nya, duch celaka ... ternyata Acer tidak menyediakan driver Windows 7 untuk si V5-132P ini.

Namun beberapa driver dari DVD bundlenya bisa tetap digunakan seperti Chipset Driver, VGA Driver, Audio Driver, CardReader, dan beberapa lainnya. Tapi yang tetap Not Supported : Bluetooth, dan Wifi. Sedangkan yang tidak ada di DVD bundlenya : AHCI Driver, Aplikasi Webcam, USB 3.0 Driver.

Saya berpikiran Acer V5-132 ini pasti punya saudara yang support Windows 7. Ketemulah Acer V5-131. Kemudian saya download beberapa driver V5-131 yang saya butuhkan, yaitu:
1. Bluetooth Driver    : Bluetooth Atheros v7.4.0.125
2. AHCI Driver          : AHCI Intel v11.0.0.1032
3. USB 3.0 Driver      : USB 3.0 Intel v1.0.4.220
4. Aplikasi Webcam  : Webcam Cyberlink v1.5.2728.00
5. Wireless LAN Driver
Lalu saya instal ke empatnya. Alhamdulillah support, namun satu yang masih bandel ndak .... yaitu driver Wireless LAN Driver.

Akhirnya perburuan saya lanjutkan. Setelah beberapa hari kelayapan kemana-mana bersama Mbah Google, pilihan saya jatuh pada driver wireless LAN punya Lenovo Y400, Y500. Takjub saya ... Alhamdulillah SUPPORTED .... yaitu Broadcom Wireless LAN Driver v6.20.55.51 (BCM943142HM) nama filenya wlanlc140w7.exe.

Cara menginstal Wireless LAN Driver
1. Download file drivernya dari link di bawah, terdownload file dengan nama file : wlanlc140w7.exe
2. Eksekusi file wlanlc140w7.exe tersebut, maka file tersebut akan terekstraksi C:\Drivers\12. Wireless LAN Driver
3. Di dalam folder C:\Drivers\12. Wireless LAN Driver terdapat 2 folder , yaitu folder Atheros dan folder Broadcom. Masuk folder Broadcom lalu cari file setup.exe dan eksekusilah ... lakukan prosedur instalasi driver seperti biasanya ... thaaaaa ... raaaaaaa ... maka bereslah semua masalah dalam menginstal Windows 7 di Acer V5 132P.

Download : Atheros Bluetooth Driver Windows 7 x86x64
Download : Broadcom Wireless Driver 802.11n Windows 7 x64 
Download : Intel AHCI Driver Windows 7 x86x64
Download : Intel USB 3.0 Driver Windows 7 x86x64
Download : Cyberlink Webcam Driver Windows 7 x86x64

Update: 4 Maret 2015
Ternyata Acer V5-132 di pasaran tidak semuanya menggunakan wifi Broadcom. Dari pasien V5-132 saya yang terakhir ternyata wifinya menggunakan Atheros. Jadi bagi anda yang tidak berhasil menginstal Wifi Broadcom, silahkan masuk folder Atheros dan dicoba pakai driver Atheros-nya, semoga berhasil.

Update : 24 September 2016
Bagi anda yang tidak berhasil menginstal driver wireless Broadcom BCM943142HM, maka ada kemungkinan wifi card anda bukan itu, namun kemungkinan bisa juga Broadcom BCM94313HMGB. Ketahuan jadinya, rupanya Acer tidak hanya memasang 1 tipe wifi card pada Acer V5-132 ini.

Spesifikasi Acer Aspire-V5-132-10192G50nbb
Processor
Intel 1019Y
Clockspeed
(1,0GHz, 3MB Cache)
Chipset
Mobile Intel® HM70 Express Chipset
Display VGA
Intel® HD Graphics, supporting Microsoft® DirectX® 10.1
Size Display
11.6" HD 1366 x 768 Acer CineCrystal™ LED
Max Resolution
1366x768
Memory
2 GB DDR3 SODIMM PC-10600
Network Ethernet
10 / 100 / 1000 Mbps
Network Wireless
Broadcom 802.11b, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n
Bluetooth
Atheros Bluetooth® 4.0+HS
Hard Disk Drive Storage
500 GB HDD 5400 RPM
Optical Disk Drive
-
Operating sytem
LINUX
Card Reader
Multi-in-1 card reader (SD™, MMC)
Port
1x USB 2.0, 1x USB 3.0, VGA, HDMI, LAN, Audio
Standard Warranty
1-year Warranty Acer Indonesia
Battery
2500 mAh 4-cell Li-ion battery pack
Adapter
External AC Adapter
Carrying Case
Softcase
Weight
1,4 kg Laptop Only
Speaker
Standar
Colour
BLACK, SILVER, RED


183 komentar:

  1. mohon bantuannya saya punya notebook aspire v5-132 problemnya ketika saya instal wi 7 ultimate 64bit tapi kenapa WLAN nya tidak tidak ada yang cocok padahal saya sudah coba beberapa driver yang saya download tapi tidak bisa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya rasa menginstall WLAN-nya dari posting saya di atas sudah jelas .... Win 7 yang saya install juga sama Win 7 Ultimate x64 (64 bit) ,,,,

      Hapus
    2. Tolong dong driver wireles win 7 64 bit Acer E5 473g

      Hapus
    3. kalo untuk windows7 32 ada gak gan td udh di coba yg di posting tp gak suport ternyata itu yg 64

      Hapus
    4. lebih compatible pake ASUS punya. silahkan check disini http://www.driverscape.com/download/broadcom-802.11n-network-adapter

      Hapus
    5. gan...apa cuma saya ya klu buka add.fy ga bisa lanjut? jadi ga bisa dunlud ni gan...

      Hapus
  2. Terimakasih banyak pak, sangat membantu saya yg sudah seharian pusing nyari wlan nya -_-
    Terimakasih

    BalasHapus
  3. Mohon dibantu mas. Saya sudah berhasil instal win 7 x86 di acer v5 132. Driver sudah terinstal semua. Hasil nyari di google. Yang jadi masalah ko selalu bluescreen. Kira2 ada masalah dimananya yah?

    BalasHapus
  4. Bluescreen terjadi karena berbagai macam sebab, bisa karena instalasi driver video card yang kurang sempurna, driver yang tidak kompatibel, atau masalah driver yang bentrok atau tidak cocok.

    Coba anda perhatikan pada bagian bawah bluescreen, pesan a[a yang tampil disitu, baru dicarikan solusinya. Mungkin kalau bisa anda tampilkan gambar bluescreennya, saya bisa memberikan solusinya.

    Namun solusi awal yang bisa saya berikan, instal ulang Windowsnya menggunakan Windows 7 x64, karena dugaan saya bluescreen terjadi karena masalah drivernya.

    BalasHapus
  5. kira2 bisa ga mas dikasih langkah2 penginstalan win 7 x64 yang baik dan benar, dari awal sampai selesai ,maaf kalo ngerepotin .maklum masih nubie.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Instalasi Win7 x64 ndak ada bedanya dengan Win7 x86. Namun yang penting adalah V5 132 berarsitektur x64 jadi jika anda instal x86 maka akan banyak driver yang tidak kompatibel, yang salah satu akibatnya adalah terjadinya bluescreen ...

      Jadi jika anda instal Win7 x64 ... saya yakin pasti aman-aman saja.

      Setelah anda instal Win7 jangan lupa urutan penginstalan drivernya:
      1. Chipset driver (harus yang pertama kali anda instalkan)
      2. AHCI driver
      3. VGA driver
      4. Audio driver
      baru yang lain-lainnya.

      Hapus
  6. Mohon di bantu mas. Saya ada masalah dengan ACER ASPIRE V5-123 ini. Jadi waktu itu ada yang pinjem nih netbook tp setelah selesai dia make dia ngga shutdown malah yang di kliknya sleep..... trus begitu di hidupkan kembali win nya ngga bisa masuk ada tulisan "OPERATING SYSTEM NOT FOUND". Saya udah coba instal Ulang menggunakan DVD Eksternal tp ngga mau booting tuh CD.
    mohon penjelasannya mas.
    Untuk cara mengistalnya sama seperti PC, Laptop atau Netbook biasa dengan memilih First boot nya menggunakan USB DVD atau caranya beda

    BalasHapus
  7. pak, saya mau instal win7 pada acer v5-132-10192 tapi dvd nya hilang. untuk dapat drivernya darimana pak? terimakasih
    kalau ada tolong bantu di fatz1908@gmail.com

    BalasHapus
  8. mohon bantuannya saya punya notebook aspire v5-132 problemnya ketika saya instal wi 7 ultimate 64bit tapi kenapa VGA nya error (komputer tidak memenuhi persyaratan minimum untuk menginstal perangkat lunak)itu masalahnya d mana

    help me

    BalasHapus
    Balasan
    1. Driver VGA-nya dieksekusi pakai file setup.exe .... jangan pakai file AsusSetup.exe ...

      Hapus
  9. mantap mas bro ats infonya thanks .......

    BalasHapus
  10. saya instal wi 7 profesional 32bit tapi kenapa VGA nya error (komputer tidak memenuhi persyaratan minimum untuk menginstal perangkat lunak)itu masalahnya d mana ?

    mohon bantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunakan Win7 64bit ... karena V5 132 support 64bit

      Hapus
  11. bang kan saya sudah download wireless apire V5-132 tapi pas saya cek kok software nya gk rbentuk dlm winrar? malah bentuk kertas putih/kosong. mohon penjelasannya! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Silahkan dicoba lagi ... link untuk download driver wifinya sudah normal lagi ...

      Hapus
  12. ARTIKELNYA SANGAT BERMANFAAT, AKHIRNYA MASALAH DI NOTEBOOK ANE TERSELESAIKAN,,,

    BalasHapus
  13. gan, bisa minta bantuannya?
    ane udh install win 7 ultimate 64 bit, tp driver wifinya ga dapet dapet. mohon pencerahannya. thanks gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan klik link Download : Broadcom Wireless Driver 802.11n Windows 7 x64 di atas ....
      Link-nya masih normal kok ....

      Hapus
  14. Min mau tanya dong.... Acer v5-132 slotcard untuk ramnya ada brapa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sistem memory menggunakan single soDIMM module
      RAM 2GB DDR3, upgradable to 6GB

      Hapus
  15. Izin share mas teguh; No Webcam, device found!
    udah saya install, knp blom bisa di install buat webcam Aspire V5 132 sperti ini ya mas?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek dulu di Device Manager .... lihat di Imaging Device pesan apa yang muncul ... atau lihat di Universal Serial Bus Controller ... adakah yang tidak normal ... harap diperhatikan bahwa Webcam ini koneksinya lewat internal USB ... jadi kalau driver USB-nya ada yang tidak beres akan berpengaruh terhadap salah satunya Webcam-nya ...

      Hapus
    2. Info tambahan:
      Banyak kejadian notebook Acer ... "Webcam tidak ditemukan" ... setelah dilakukan install ulang Windows 7 ...

      Hapus
  16. Caranya masuk ke windows boot manager setelah setting bios gmn gan? Kok tetep masuk ke linux linpus yah? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di BIOS .... first boot-nya ubah dulu ke flashdisk atau DVD Windows 7 installer anda.

      Hapus
  17. nginstal driver kok repot gan. coba download driver pack 2014 gan. otomatis menginstal semua driver di pc / laptop / netbook. untuk semua w7/xp/8. boleh ngopy punya aq kalo mau he he he dan buktikan

    BalasHapus
  18. He he he ... walau saya punya DriverPack Solution ... tapi saya kok lebih senang dan percaya pada driver aslinya ....
    Tapi bagi pembaca yang berminat silahkan bisa ngopy dari Mas roh man ... he he he ...
    Atau bisa mampir disini ...
    http://hanifumega.blogspot.com/2012/10/driverpack-solution-123-full.html
    Atau kalau mau ... bisa download sendiri yang terbaru dari link di bawah ini, versi 14.5 ukurannya cuma 7.7 GB kok ....
    http://drp.su/download.htm

    BalasHapus
  19. ane coba tetap gak mempan gan,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lagi gan ... mungkin ada tahap yang keliwatan ... Saya sudah dua kali nginstal ... no problem ...

      Hapus
  20. saya tidak punya driver Bluetooth Broadcom !
    mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bluetooth Broadcom bisa disedot disini ...
      http://global-download.acer.com/GDFiles/Driver/Bluetooth/Bluetooth_Broadcom_v12.0.0.5100_W8x64_A.zip?acerid=635079880101799646&Step1=ULTRA-THIN&Step2=ASPIRE&Step3=ASPIRE%20V5-132P&OS=ALL&LC=en&BC=ACER&SC=AAP_1

      Hapus
  21. arigatomogaimasita.........^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh bahasa Jepang ... apa iku artine rek ... heheheheheeee ...

      Hapus
  22. sya install wireles yg di atas kog di laptopq yg keinstall malah bluetooth sih,, solisinya gmn itu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dibaca lebih teliti lagi tentang cara menginstal wlan-nya karena memang paling rumit ... saya beberapa kali berhasil kok ...

      Hapus
  23. Pagi Pak, saya mau download file untuk instal wifi, bloototh, ahci dan usb untuk aspire v5 132.ink nya kok gak bisa di download ? mohon bantuannya, terimksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah masuk adf.ly ... di kanan atas klik SKIP atau LEWATI ...

      Hapus
  24. Maaf Pak, sdh berhasil download. Terimakasih

    BalasHapus
  25. bagaimana cara menginstal driver acer aspire v5-132 windows 7 yang 32 bit, satelah saya download dan langsung saya instal, tetapi setelah di instal ada file yang failed, bagaimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan bisa dicoba pengalamannya Mas Iyes Cakep di bawah ini ...

      Hapus
  26. ane juga punya masalah yang sama. saat instal partisinya tak kebaca gan.. trus driver Bus controllernya gak ada di web resmi nya,
    sekedar berbagi gan mana tau ada yang dapat masalah yang sama. ni TKP nya
    http://www.goofstupid.com/2014/09/acer-aspire-v5-132-win-7-driver-sm-bus.html

    BalasHapus
  27. Mas tanya nggih, cara instal ulang V5-123 dengan backup windows 8 ori di HD gimana, makasih sebelumnya.

    BalasHapus
  28. hahahaa hebat kamu brooo. tenkyuu

    BalasHapus
  29. gan, mw nanya
    untuk yg 32 bit apakah ada drivernya ?
    krn bermasalah dengan wifi mulu, thx b4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sarankan pakai 64bit .... kalau pakai 32bit ada beberapa driver yang bermasalah ...

      Hapus
  30. gan,, ada link bluetooth untuk versi win 7 ga ?? ane kaga mudeng ama win 8..tapi ane perlunya bluetooth ini...
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di atas sudah ada link bluetooth Win7 untuk Atheros dan Broadcom ... gan

      Hapus
  31. ada yang punya link download wireless for acer v5-123 untuk windows 7 64 bit, stress nih ga bisa main wifi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicoba link ini Mas ....
      http://www.driverscape.com/download/qualcomm-atheros-ar956x-wireless-network-adapter

      Hapus
  32. mf mau tanya! saya punya acer apire v5 132, waktu saya mau instal ke win7 saya delet semua partition nya, trus stiap disk nya ada tulisan "windows cannot be installed to this disk. the selected disk is of GPT". mf itu apa masalahnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu masuk di tampilan partition .... Klik saja Drive Option .... lalu klik drive-nya (misalnya C:) ... lalu klik Format ....

      Windows 7 dan Windows 8 membutuhkan format partisi yang harus dilakukannya sendiri ....

      Hapus
    2. nah kalau misalkan partition nya ga di delete semua ( krn ada datanya ) ternyata pilih partition yg lain ga bisa dibuat baru ataupun di format. kenapa ya. mohon dibantu, terimakasih

      Hapus
    3. Delete drive C: nya saja lalu partisi ulang pakai langkah di atas ..

      Hapus
  33. asalamualaikum bang admin,, gw dah instal tuh drivenya sesuai petunjuk diatas.. tpi kok icon wifinya masih belum ada perubahann yah ??? mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo icon wifi belum muncul, berarti driver belum terinstal dengan benar ... coba di device manager dicek ... ada tanda pentung atau tanda tanya atau tidak ? Atau siapa tahu statusnya Disabled ...

      Hapus
  34. salam kenal,sy beli acer v5-132 dengan bawaan win8, ada masalh waktu di onkan mucul logo acer nya lama sektar 10 smpi 15 detik, padahal waktu pertama beli dionkan langsung mucul logo, kira2 masalah dimana ya gan, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu logo Acer muncul ... di belakang sedang ada proses detecting dan checking ... processor, memory, hdd, dan peripheral lainnya ... klo melambat dugaan saya kemungkinan ada masalah pada hdd atau memory ...

      Hapus
  35. mas admin,,, saya beli acer v5-132 OS bawaan win 8, ada masalah di wifinya, sinyal wifi hanya muncul 2 bar saja bahkan hanya 1 bar padahal sdh dekat banget dengan router, sdgkan perangkat yg lain dapat sinyal penuh,,, kira2 dimana permasalahannya? terimakasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Coba trik berikut untuk menambah daya tangkap WiFi… ya setidaknya bikin sinyal yang very poor tadi bisa sedikit stabil ngga byar pet…

      Buka aja Device Manager… kemudian beralih ke Network Adapter, dobel klik perangkat WiFinya dan berakhir di tab Advanced… pada box Property cari properti untuk Roaming Aggressiveness lalu hapus centangan Use Default Value… lalu geser slider ke posisi Highest… dan akhirnya bila Tuhan mengijinkan maka kita akan mendapatkan sinyal WiFi yang mudah-mudahan stabil dan sukur-sukur bisa naek pangkat dari Very Poor jadi Poor… hehehe…
      2. Klo ndak mempan ... coba klik kanan tray wifi - Troubleshoot problem
      3. Kalau masih ndak mempan ... coba update drivernya ...

      Hapus
  36. trima kasih banyak atas postingannya, nhe sangat m'mbantu, sblum aq msuk d blogspot anda aq sdah hmpir putus asa, tp skarang ud beres,, :)

    BalasHapus
  37. tolong bantuannya dont.. sya mau install acer v5-123 tpi kok tidak bisa terbaca flash di boot ya.. karna zz mnggunakan flashdisk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di BIOS .... first boot-nya ubah dulu ke flashdisk atau DVD Windows 7 installer anda.

      Hapus
  38. kalo pake windows 8 driver wifinya support nggak mas ?
    soalnya saya pake win8, terus network controlernya nggak ada yang cocok. mohon bantuannya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pake win8 harusnya support Mas Fahlil karena V5-132P memang recomended win8 .... cuma memang saya belum pernah coba ....

      Hapus
  39. udah instal driver wifi, tp wifi blm ke detect jg kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang menginstal wifi yang paling rumit prosedurnya dan di awalpun saya beberapa kali gagal ... coba dibaca lebih teliti lagi Mas mahdidoang ....

      Hapus
  40. hallo mas..
    mohon bantuannya, link drivernya pada mati,kecuali link wifi..
    boleh di share kembali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua link drivernya masih baik-baik saja Mas Jee Dinata ... silahkan dicoba lagi .... klo buruan, setelah klik link downloadnya jangan lupa klik SKIP atau LEWATI di pojok kanan atas ...

      Hapus
  41. Mohon bantuannya
    saya mau instal aspire V5 132 dari w8.1 ke w7, booting dengan flashdisk
    awalnya lancar, pas nyampe di pilihan driver mana yang mau di isntal semua gak bisa, udah di format driver C nya juga tetap gak bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Windows 8 menggunakan boot mode UEFI, sedangkan Windows 7 tidak support UEFI.
      Jika anda instal Windows 7, masuk BIOS dulu lalu ubah Boot Mode-nya dari UEFI ke Legacy BIOS .... lalu Simpan.

      Selanjutnya silahkan instal Windows 7-nya.

      Untuk lebih jelasnya silahkan lihat screenshot pada link di bawah ini:
      https://docs.oracle.com/cd/E22368_01/html/E27242/figures/boot_uefi_bios_mode.jpg

      Hapus
  42. mohon bantuannya
    saya suda instal NB acer aspire V5-132 saya ke win7 bit 64
    tapi ada 1 USBnya tidak berfungsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Yuga Yhuyu, 1 USB yang belum berfungsi tersebut adalah USB3.0 yaitu Intel USB3.0 eXtensible Host Controller Driver. Jika anda belum memilikinya silahkan sedot disini ....
      https://downloadcenter.intel.com/Detail_Desc.aspx?DwnldID=21129

      Hapus
  43. gan cara diatas bisa untuk aspire v5 123

    BalasHapus
    Balasan
    1. Procie dan VGA-nya beda Mas Ridho, tapi dicoba saja ... mungkin ada sebagian jurus yang cocok .... hehehehe ....
      Kalau berhasil ... silahkan dishare disini .... biar teman-teman lain bisa nyoba juga ...

      Hapus
  44. halo mas hanif
    saya sudah install semua sesuai petunjuk
    win 7 64 bit
    namun untuk instal driver wifi, broadcom, setup.exe. saya sudah coba install, namun wifi nya tetap tidak terdeteksi. mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dicek dulu di Device Manager, dengan kemungkinan sbb:
      1. Lihat di Network Adapters
      Adakah Broadcom Wirelessnya? Kalau sudah ada kemungkinan wifi dalam posisi OFF, aktifkan dengan tombol wifi (kalau ndak salah fn+F3).

      2. Lihat di Another device
      Kalau di Network adapters tidak ada Broadcom wifi-nya, pasti ada Another device yang di dalamnya ada Network Controller, berarti instalasi wifinya belum berhasil. Bisa dicoba lagi, karena menginstal wifi ini memang yang paling sulit.

      Kalau no 1 dan 2 di atas tidak ada, ini yang gawat karena berarti Wifi Card anda tidak terdeteksi oleh sistem.



      Hapus
    2. Saya ada di nomor 2 mas, berada di other network, sudah saya coba install berulang kali, wireless dari lenovo tersebut, namun tetap tidak muncul, masih tetep di other network

      Hapus
    3. Ada link Win7 64 bit? coba saya download dan install lagi dengan Win7 64bit yg sama dengan milik anda.

      Hapus
    4. Googling saja Mas Hendro ... banyak kok ....

      Hapus
    5. Silahkan dibaca Update di atas Mas Hendro, mungkin wifi V5-132 anda pakai Atheros. Pakai saja Atheros dihasil downloadnya di folder Atheros.

      Hapus
  45. ijin unduh & implementasi,
    moga dicatat Yang Di Atas...

    BalasHapus
  46. Mas saya punya kasus wifi jga ga bisa ke internet padahal wifi nyala om pas ke google/explore ga bisa masuk knp yah om tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wifi konek tapi ndak bisa ke internet bisa disebabkan beberapa hal ....
      Coba cek koneksi anda, klik pada ikon wifi di kanan bawah ...
      1. Apakah status Connected???
      2. Apakah status Internet Access???

      Biasanya gangguan terjadi : Wifi Connected tapi No Internet Access ...
      Jika itu terjadi coba klik kanan pada ikon Wifi .... lalu klik Troubleshoot Problem ....

      Tunggu prosesnya ... biarkan Windows mereconfigurasi sambungan Wifi anda ...
      Baca pesan yang muncul ... klik Yes atau No atau Skip sesuai pesan yang muncul

      Hapus
    2. Gan, saya boleh bertanya
      Alhamdulillah wlan nya bisa di install, tetapi saat disambungkan ke wi-fi kok pasti nggak bisa
      Saat saya pilih troublesoot tetep aja nggak bisa
      Mohon bantuannya gan
      Saya bingung sekarang

      Hapus
    3. Coba cek wifi-nya pakai laptop lain atau pakai android ... bisa nyambung ndak?

      Hapus
  47. cara msuk biosny kya ap ne gan? ane tekan f2 pas awal nyalain kok te2p gk mau, ap ad trik khusus? mhon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kadang kita kalah cepat Mas ....
      Untuk mengantisipasinya begitu tombol power dipencet ... langsung pencet-lepas F2 dengan cepat .... kalau gagal ulangi lagi.
      Setelah beberapa kali melakukan ... anda nanti akan tahu irama mencet F2 untuk masuk BIOS V5-132 ...
      Selamat mencoba ...

      Hapus
  48. thanks bro....masalah teratasi stressss jadi hilang

    BalasHapus
  49. Finally Problem Solved... Terima Kasih banyak atas semua informasi dan linknya..... Awalnya saya agak binggung karena setelah di download instalasinya tidak finish..... Agak Frustasi karena ngk keluar icon Wifinya, namun karena ternyata installan hasil downloadnya itu membuat Folder di Drive C: dengan nama Folder DRIVERS.... lalu saya klik folder 12. Wireless LAN Driver (Atheros, Broadcom) Lalu saya Klik Folder Broadcom dan selanjutnya klik foler didalamnya dan klik folder setup lalu klik Setup dan Keajaiban terjadi setelah selesai instal.... apabila broadcom ngk bisa bisa pilih yang Atheros..... Sekali lagi Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiipppp .... heheheheee ....
      Semoga koment anda yang panjang dapat menambah pencerahan buat teman-teman yang masih agak bingung baca post di atas, terkhusus bagian instalasi Wifi-nya.

      Hapus
  50. sudah sehari kudaki gunung, kusebrangi lautan cuma untuk mencari driver.. ribuan lagu kunyanyikan, ribuan syair kukumandangkan.. aku sempat lelah, putus asa. seiring matahari terbenam kutemukan secercah cahaya dari http://hanifumega.blogspot.com/2014/02/menginstall-windows-7-pada-acer-v5-132.html

    makasi banyak om.. :D

    BalasHapus
  51. kenapa ya gan saat ane buka game(khusus windows 7) dan aplikasi nya selalu crash/error ... mohon bantuannya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan game anda terlalu berat buat V5-132 Mas ...

      Hapus
  52. windows saya kok ngga ada C:\\Drivers nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eksekusi (ekstraks) dulu file wlanlc140w7.exe, maka akan terbentuk folder Drivers di drive C.

      Hapus
  53. KAYAKNYA BNYK MASALAH DI V5 132 PUNYA SAYA JG,BELI 1TAHUN LEWAT 1BULAN MATI TOTAL DAH TA DIEMIN 7 BULAN BLM LAMA ISENG2 TA COLOKIN HIDUP LAGI PADAHAL SDH MATI TOTAL 7BULAN,SEBELUMNYA SAYA BAWA E ACER CENTER KATANYA MOTHER BOARDNYA MATI JADI SAYA PILIH CANCEL KRN DITARIK BIAYA HARDWARE 1,8JT,MENURUT SI BOS NETBOOK SAYA MASALAHNYA DMN BOS,SAAT INI HIDUP NORMAL TAPI BARU KMRN NYALANYA ITUPUN CUMA ISENG2 TA CASH..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan besar penyebab matinya V5 anda karena lembab di bagian dalamnya. Klo 7 bulan dari sekarang berarti pas musim hujan. Saya beberapa kali dapat pasien laptop mati di musim penghujan ... setelah 3 hari saya jemur dengan posisi terbalik ... akhirnya si laptop bisa hidup lagi.

      Hapus
  54. ada versi bluetooth yg laen ngk gan,,,
    alnya bluetooth yg d posting ngk kompetible...

    trim's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu ndak enaknya V5-132 ... tiap tahun keluaran pasti saja ada hardware yang berbeda ...
      Langsung meluncur saja ke webnya Acer .... pasti ketemu ...

      Hapus
    2. Mas mohon bantuan ya.. ini ada notebook acer aspire v5 132
      Gk mau shutdown mas.. pas di shutdown pasti idup lagi
      Udah di instal ulang clear tpi ttep aja.. kira" masalahnya ap mas??

      Hapus
  55. Permisi Mas..
    Sy punya laptop Acer Aspire E5-473TG yg juga bermasalah di WIFI (WLAN) nya, driver wifi dr CD DRIVER bawaannya tak ada satupun yg cocok, sy jg udah coba download dr acer.com jg gag ada yg cocok, padahal sy udah coba ganti2 windows dr Windows 7 (32bit maupun 64 bit) jg Windows 8 (32 Bit juga 64 Bit)...sy udah berhari2 kelayapan di Mbah Google Mas tp belum ketemu solusinya..
    Mohon bantuannya Mas, mgkn Mas lebih paham..
    Terima Kasih^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Acer ada tombol untuk mengaktifkan dan menonaktifkan wifi (misal Fn+F2). Coba dicek, jangan tombol tersebut dalam keadaan wifi off.

      Hapus
    2. Mohon bantuannya.. karena saya membeli laptop dengan tipe yang sama ACER APIRE E5-473G.. ini juga tidak bisa connect WLAN.. apa ya solusinya??

      Hapus
    3. Maaf belum pernah pegang ACER APIRE E5-473G

      Hapus
  56. Mas bro hanif, slot memory V5-132 cm 1 ya?
    Berarti klo mau upgrade RAM, kita genti dgn RAM 4 GB 1 keping ya?

    BalasHapus
  57. saya pengguna acer E5-473. ketika saya install windows 7 home premium basic, usb 3.0 nya tidak berfungsi. padahal kalau di windows 8 usb 3.0 dapat digunakan. bisakah anda membantu saya?
    salam sukses dan
    terima kasih

    Anonymous1912

    BalasHapus
  58. Mas hanif bisa bantu ane ga , ane pengguna acer aspire v5-132 , setelah ubek2 saya nemuin disini driver wifi nya , dan 100% bisa tapi msh ada masalah , saya kebingunan mencari driver untuk vga/intelhd grapic , soalnya saya hoby nonton film anime, padahal resolusi 720pHD malah kek 3gp , mohon bantuannya gan hanif thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. VGA ambil dari cd drivernya mas bro

      Hapus
    2. cari cd drivernya dimana mas kalau ga punya

      Hapus
  59. udah nurutin cara yang di atas tetep gak ke install, gimana yah ?
    ini WLAN nya susah banget

    BalasHapus
  60. makasih mas... lepi saya jadi normal lagi...

    BalasHapus
  61. kalo untuk ACER E5-473G ada nga pak ?permasalah nya hampir sama cm ini driver usb 3.0 sama wireless

    BalasHapus
  62. mantep bener gan,,, q 2 hari cari bolak balik pusing hampir nyereah setelah istirahat bntar, alhmdlah ketemu juga jadi. :D trimakasih gan potingnya thangks

    BalasHapus
  63. ane masalahnya sama gan cuma Notebook ane Aspire v5 121 ... driver apaun nolak gan ... jual mahal amat... ni agan punya solusi gak buat driver wifi nya.........
    kkalo ada mohon di balas...

    BalasHapus
  64. Mau tanya saya baru beli acer aspire E5-473G tapi ko lemot banget ya setiap mau ngeklik pasti loding dulu kursornya..apa nya kira kira

    BalasHapus
  65. Mkasih bnyak om ... Dh seharian instal driver wifi lan dari website resmi .. Ngk bsa2 ... Udh smpat pasrah .. Untuk nya cba google ketemu blog nya om jadi bsa

    BalasHapus
  66. Om Admin,
    V5-132 saat di rubah settingan biosnya untuk install ulang, dan di save exit leptopnya langsung mati padahal posisi batrei full dan carger masih on,solusinya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setting bios agar boot dari usb atau dvd eksternal

      Hapus
  67. Terima Kasih Mas Gan. Problem terpecahkan. Semoga jadi amal yg baik.

    BalasHapus
  68. Mas.. Recomendkan link windows 7 ultimate o
    O ya btw buat gaming online ok gak ya? Rencana mau beli minggu depan

    BalasHapus
  69. Maz leptop v5-132 saya koq ga nyala y..udh direset batrenya tetep ga nyala..mohpn bantuannya

    BalasHapus
  70. mantap.. masalah terpecahkan thanx mas bro

    BalasHapus
  71. Tolong dong driver wireles win 7 64 bit Acer E5 473g

    BalasHapus
  72. Wifi Acer E5-473g kelihatannya pakai Qualcomm Atheros AR5BWB222 Wireless Network Adapter, sayangnya Acer sudah tidak menyediakan driver untuk Windows 7.
    Silahkan dicoba punya Lenovo, semoga berhasil.

    Link download Qualcomm Atheros AR5BWB222 Wireless Network Adapter for Win7 x64:
    http://download.lenovo.com/consumer/mobiles/wlan121w7.exe

    BalasHapus
  73. acer aspire v5-132 (windows 8) saya tidak bisa konek dgn proyektor, ketika dikoneksikan ke proyektor dgn menggunakan MD adapter (tp bukan bawaan, soalnya bawaannya ilang)screen laptop mati nyala n bersuara seperti konek diskonek ketika menyambungkan hardware. sbelumnya belum pernah dicoba koneksi proyektorny, baru skarang. MD adapter sudah 2x ditukar n dicobakan ke berbagai proyektor tapi masalah ttp sama. apa ada masalah dgn drivernya? atw mmg MD adapter harus asli acer? mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, sepengetahuan saya klo ndak pake bawaannya ndak bisa konek proyektor mbak Sheila.

      Hapus
  74. acer aspire v5-132 punya saya yg sudah didowngrade windows 7 kenapa jadi tidak bisa konek dg proyektor ya, sebelum didowngrade bisa konek. terus mencari pengetikan keyboard dlm bhs arab dimana karena sebelum di downgrade ada di bawah layar pilihan untuk bahasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca-baca link di bawah ini, semoga bisa membantu.

      http://www.acerid.com/2012/03/menghubungkan-notebook-ke-proyektor-external-monitor-atau-tv/

      Hapus
  75. sangat bermanfaat, thnks ya bro atas ilmunya.

    BalasHapus
  76. Mohon bantuanya mas bro,,mintak link driver blluethoth broadcom win 7 x64.udah gogling gak ketemu mas bro.mohon bantuannya.tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan disedot ...
      http://global-download.acer.com/GDFiles/Driver/Bluetooth/Bluetooth_Broadcom_6.5.1.2602_W7x64W7x86_A.zip?acerid=634751709887883102&Step1=ULTRA-THIN&Step2=ASPIRE&Step3=ASPIRE%20V5-131&OS=711&LC=en&BC=ACER&SC=AAP_1

      Hapus
  77. kalau punya gue sama aspire v5-132 dulunya bisa instal pake flash,baik it win7 atau win8. tp skarang ud gk bisa lagi. gimana solusinya mas....?
    mohon bntuannya ni no. hp gue 08124050536.
    kalau jadi gue krm plsa 50 deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek setting biosnya ... pastikan first bootnya adalah flashdisk installernya

      Hapus
  78. krm solusinya lewat sms aj ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. via bbm atau facebook saja mas, biar bisa pakai pict

      Hapus
  79. Netbook saya acer aspire v5-132 pas dinyalain lewat tombol power itu cuma keluar tulisan acer nya saja terus terusan, kira2 itu diapain yaa biar pulih?

    BalasHapus
  80. mantap gan' its work...,thanks driver lenovonya gan..

    BalasHapus
  81. mohon bantuannya..
    sudah ane frees f2 / f12 ga bisa masuk bios / ubaah boot device di acer aspire v5-132

    mohon bantuanya dari para suhu

    BalasHapus
  82. Mohon bantuannya bang. Sy udah instal ulang lptop acer v5-132 dngn wind 8.1 tp ko ktika instal driver Dri DVdnya ga da yg suport. Solusinya bgm bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Autorun DVD-nya support Windows 8.0 ... klo buat Windows 8.1, mungkin harus instal manual ... pakai explorer masuk ke folder-folder drivernya ... eksekusi file setup.exe ... klik kanan Run as Administrator

      Hapus
  83. warning

    no appropriate driver to be installed

    BalasHapus
  84. Tolong gan.. sy pakai konektor mini display to HDMI/vga/DVI di aspire v5-132 tp tdk bisa konek.. sy skrg gunakan w7 64bit.. mohon sarannya.. terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepengetahuan saya, Acer V5-132 ndak bakalan mau konek kalau adapter Mini Display to VGA-nya ndak ORI.

      Kalau menginginkan, salah satunya bisa anda peroleh disini:
      https://www.tokopedia.com/hanifumega/converter-mini-display-port-to-vga-untuk-acer-aspire-v5-132

      Hapus
  85. KASUS SAYA SAMA SEPERTI POSTINGAN YANG DIATAS, INSTAL WINDOW 7 32 BIT PADA LAPTOP ACER ASPIRE V5 132. DRIVER NETWORK CONTROLLER NYA, BELUM KETEMU2 JUGA, SUDAH DICOBA SEPERTI YANG DIPOSTING SAMA JUGA TIDAK SUPPORT.... BAGI REKAN YANG PERNAH MENGALAMI, MINTA BANTU DONG SOLUSINYA,,, TERIMAKASIH..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau belum dapat drivernya, bisa dicoba instal pakai DriverPack, bisa download dari official web-nya langsung.
      Kalau kesulitan download, bisa coba cari di alamat ini:
      https://www.tokopedia.com/hanifumega

      Hapus
  86. Makasih gan, driver wifi nya berhasil

    BalasHapus
  87. gan boleh ajarin langkah install ya dari set BIOs ,.. ane kemaren coba set BIOS nya jdi FD kok gak bisa masuk ke BOOT install w7 ... dan juga malah gak bisa masuk bios lagi untuk set default,... mohon bantuannya gan

    BalasHapus
  88. Mas ..
    Nh ada leptop service, Acer Aspire V5 - 123 ..
    OS masih bawaan Windows 10 64 bit Ori, lalu saya mau pindah atau install ke Wind 7 32 bit, tetapi ketika mau masuk ke Partisi HDD, muncul bluscreen, kira2 knapa yaa mas ..
    Apakah leptop merek itu tidak suport dengan Windows 7 atau bagaimana ..
    Tolong beri solusi nyaa dan tunjukin cara merubah Windows 10 64 bit Ori ke Wind 7 32 bit

    BalasHapus
  89. sukses gan.
    terima kasih atas solusinya

    BalasHapus
  90. Minta solusinya gan.. acer v5 132 saya dah pake win 7 64bit sama 8.1 64 bit pun kok usb 2.0 nya gk fungsi. Dah dicoba instal driver dari acer pun gk bisa... apa salah driver atau ada solusi nya gan?
    Trims sebelumnya

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.