Rabu, 23 Mei 2018

Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2018/2019

Tak terasa Tahun Pelajaran 2017/2018 hampir berakhir. Sekolah harus mulai siap-siap buat rencana matang untuk menyelenggarakan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2018/2019. Jumlah sekolah makin bertambah namun jumlah peserta didik kayaknya tidak mengimbangi. Banyak sekolah yang jumlah perolehan peserta didiknya makin tahun makin menurun. Kondisi seperti itu tentu mengancam kelangsungan hidup sekolah, terlebih lagi kelangsungan cairnya tunjangan profesi guru di sekolah tersebut.

Banyak sekolah terutama setingkat SMP, terutama sekolah-sekolah tertentu (kalangan pendidikan dah tahulah itu ... hehehe) yang sudah bergerilya sejak bulan-bulan kemarin untuk menggaet peserta didik baru dengan iming-iming "materi" (entah seragam + ongkos jahit, entah duit, entah beasiswa) ... hehehe ... efek dapat BOS sekolah sudah bisa hidup. Segala cara dan strategi dirancang dan diterapkan buat mendulang peserta didik di masa-masa PPDB.

Fairkah cara-cara di atas???? Ya biarlah masyarakat yang menilai. Yang jelas sudah bukan rahasia lagi, makin tahun makin banyak sekolah yang menerapkan cara-cara di atas. Para calon peserta didik dan orang tuanya makin dibuai dan terbuai. Mungkinkah posisi mereka, suatu saat jadi posisi emas??? Kira-kira akankah ada efek psikologisnya di sekolah???? Akankah para peserta didik nantinya akan makin "gemedhe" hingga para guru tidak lagi punya nilai tawar untuk menggunakan idealismenya dalam mendidik peserta didiknya????
Efeknya sudah mulai terasa, tapi lebih seru jika kita lihat efeknya di lima sampai sepuluh tahun mendatang.

Mindset pendidikan di sebuah negara, bisa terasa efeknya 10-20 tahun mendatang. Yang penting negara tidak menduplikasi mindset pendidikan dari negara lain yang berbeda karakter peserta didiknya.

Maaf bro ... mau share regulasi kok malah terus bicara ngalor ngidul .... hehehe ...

Monggo Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.