Minggu, 21 Oktober 2012

Siap-siap Berbenah Menghadapi Kurikulum Baru : Kurikulum 2013

Kemendikbud RI berencana melakukan perubahan terhadap kurikulum pendidikan dasar dan menengah mulai tahun depan. Saat ini sedang digodok kurikulum 2013 dan siap diimplementasikan pada bulan Juni atau Juli 2013. Tahun ini diharapkan kurikulum bisa tuntas dan mulai tahun depan, guru sudah bisa dilatih.

Staf ahli Mendikbud Prof Kacung Marijan MA menegaskan bahwa kementerian akan melakukan perubahan kurikulum pendidikan nasional mulai 2013 untuk menyeimbangkan aspek akademik dan karakter.

Ada beberapa perubahan yang dilakukan pada kurikulum baru ini:
1. Menyederhanakan sejumlah mata pelajaran, penyederhanaan itu diperuntukkan mata pelajaran yang bersifat umum ke dalam Ilmu Pengetahuan Umum, sedangkan ilmu sains (MIPA) dan ilmu sosial yang merupakan "basic" ilmu pengetahuan akan tetap ada.
2. Mengubah mindset pendidikan yang bersifat akademik menjadi dua paradigma yakni akademik dan karakter, bahkan pendidikan karakter akan lebih banyak di tingkat pendidikan dasar atau TK dan SD, karena karakter itu merupakan pondasi pendidikan.
3. Mata pelajaran Pancasila akan dimunculkan lagi menjadi Pendidikan Pancasila dan PKN (PPKN).
4. Mengurangi jumlah mata pelajaran di semua jenjang sekolah, untuk tingkat SD kemungkinan hanya diajarkan enam mata pelajaran, dari 13 mata pelajaran yang saat ini berjalan, yakni mata pelajaran Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan atau PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya, serta mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Sedangkan di tingkat SMP menjadi sepuluh, dari 14 mata pelajaran yang tengah diajarkan, yakni mata pelajaran Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan atau PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Bahasa Inggris, IPA, IPS, dan Prakarya. Selain itu juga ada penambahan jumlah jam pelajaran perminggunya sebagai akibat perubahan pendekatan pembelajaran. Untuk SD bertambah 4 jp, SMP bertambah 6 jp, dan SMA bertambah 2 jp per minggunya.

Dengan rencana diberlakukannya kurikulum baru pada Juli 2013 atau pada tahun pelajaran 2013/2014, sudah pasti ada beberapa konsekuensi yang harus dihadapi oleh para guru, diantaranya :
1. Sudah pasti semua buku pelajaran harus baru, karena harus disesuaikan dengan kurikulum baru.
2. Guru harus melakukan penyesuaian dengan kurikulum baru tersebut.
3. Pemetaan guru yang telah dilakukan dalam rangka sertifikasi guru otomatis juga akan berubah dengan adanya penyederhanaan maupun pengurangan mata pelajaran.

Download  :  Bahan Uji Publik Kurikulum 2013
Baca         :  Bahan Uji Publik Kurikulum 2013

Baca selengkapnya tentang kurikulum 2013 dan berita yang terkait di bawah ini:
Mendikbud Rencana Ubah Kurikulum di Tahun 2013
Kemendikbud Ubah Kurikulum Pendidikan Mulai 2013
Boediono Dukung Peninjauan Ulang Kurikulum Pendidikan
Pengurangan Mata Pelajaran di Sekolah Belum Final
Ke Sekolah, Siswa SD Cukup Bawa Satu Buku
Tak Ada Lagi Mata Pelajaran IPA dan IPS di Tingkat SD
Federasi Guru Protes Penambahan Jam Belajar Siswa
Penghapusan Bahasa Inggris Untuk SD Disambut Baik
Bahasa Inggris Dihapus di SD? Iis Dahlia Prihatin
Mendikbud Bantah Tawuran Bukti Kesalahan Sistem Pendidikan
Cegah Tawuran, Porsi Pendidikan Moral Ditambah
Wamen: Tiap Perilaku Anak Diberi Skor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.