Rabu, 21 November 2012

Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun 2013

Ujian Nasional untuk tahun pelajaran 2012/2013 tak terasa akan kita laksanakan, oleh karena itu BSNP sudah mempublikasikan Kis-Kisi UN untuk tahun 2013. UN SMP yang akan dilaksanakan bulan April 2013 bisa jadi menjadi masa yang akan sangat menegangkan bagi peserta didik.

Meski masih menjadi perdebatan banyak pihak, kebijakan mengenai Ujian Nasional (UN) Tahun 2013 tidak akan berubah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan, secara legal yuridis pelaksanaan UN ada dasar undang-undang dan peraturan pemerintahnya. Kemudian dari sisi akademik sampai bentuk soal pilihan ganda juga ada dasarnya. “Insya Allah tahun depan UN tetap dilakukan, tetapi ada beberapa perubahan,” katanya saat memberikan keterangan pers di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, (11/10/2012).

Dalam pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2013 sejumlah perubahan dilakukan, salah satunya 20 variasi soal, berbeda dengan UN tahun 2012 yang hanya memiliki lima variasi soal. “Setiap peserta didik dalam satu kelas akan mengerjakan soal yang berbeda semua. Ini yang diuji kemampuan perseorangan, bukan kolektif. Kita ingin tingkatkan kekhusyukan peserta,” kata Mendikbud.

Adapun terkait standar kelulusan, Mendikbud mengatakan, ada kemungkinan untuk meningkatkan dari 5,5 menjadi 6. Alternatif lainnya, standar nilainya tetap 5,5 tetapi derajat kesulitan soal ditingkatkan. Pada tahun 2012 proporsi tingkat kesulitan soal adalah 10 persen mudah, 80 persen sedang, dan 10 persen sukar. Formulasi pada tahun 2013 kemungkinan menjadi 10 persen mudah, 70 persen sedang, dan 20 persen sukar. “Masih belum, akan kami matangkan bersama dengan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Pemikiran untuk meningkatkan ada, dengan kemungkinan tingkat kesulitan,” katanya.

Semua peserta didik pasti berharap tidak mengalami kegagalan dalam menjawab Soal UN 2013 ini. UN SMP 2013 memang harus dipersiapkan dengan matang. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencapai kesuksesan dalam ujian tahunan ini. Beberapa sekolah mungkin telah memberikan kelas tambahan bagi peserta didiknya. Ada juga peserta didik yang belajar privat pada bimbingan belajar atau guru tertentu. Atau ada juga yang belajar mandiri melalui Bank Soal atau belajar lewat Prediksi Soal UN SMP 2013.

Selamat mempersiapkan Ujian Nasional 2013 semoga UN tahun ini lebih baik lagi.

Download : 
SK BSNP tentang Kisi-kisi UN 2013

2 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.