Rabu, 30 Mei 2012

Program Kerja Kepala Laboratorium IPA SMP

Laboratorium merupakan ujung tombak pendidikan dan penelitian. Laboratorium adalah suatu ruangan atau kamar tempat melakukan kegiatan praktik atau penelitian yang ditunjang oleh adanya seperangkat alat-alat laboratorium serta adanya infra struktur laboratorium yang lengkap (fasilitas air, listrik, gas, dsb.)

Laboratorium di sekolah ditujukan khusus untuk kegiatan pendidikan dan pengajaran bagi siswa, berupa praktikum yang obyeknya sesuai dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Semua kegiatan yang dilakukan di laboratorium memerlukan administrasi yang teratur, rapi, dan terorganisir dengan baik, sehingga laboratorium dapat ditata/diatur dan berfungsi secara optimal.

Melihat banyaknya peralatan laboratorium yang ada, serta infrastruktur yang tersedia ditambah dengan banyaknya kegiatan praktik, maka dirasa perlu untuk mengatur menurut tatanan yang mudah dan dapat dimengerti oleh setiap praktikan, pengajar, laboran, maupun pemakai lainnya. Keadaan peralatan laboratorium dan bahan-bahan yang tersedia selalu cepat berubah atau berpindah (dipinjam, hilang, pecah, dsb.), maka semua itu memerlukan penanganan serius. Apalagi bila ditinjau dari harga peralatan yang mahal, serta disertai dengan penggunaan yang tidak tepat sehingga semua peralatan laboratorium yang modern itu akan sia-sia saja, dan optimalisasi penggunaannya tidak efisien.

Kegiatan administrasi laboratorium merupakan kegiatan rutin, terutama mengenai penggunaan peralatan yang ada, sesuai dengan kegiatan/aktifitas yang ditentukan. Untuk memudahkan cara penggunaannya perlu diatur cara pendataan tentang semua peralatan laboratorium yang dimiliki. Untuk dapat melakukan kegiatan pengelolaan laboratorium dengan baik, maka alangkah baiknya seorang kepala laboratorium mempunyai program kerja, sehingga kegiatannya sebagai pengelola laboratorium menjadi terarah.

Nah mangga, bagi yang membutuhkan contoh program kerja kepala laboratorium silahkan klik link di bawah.

Download  :  Program Kerja Kepala Lab. IPA SMP

5 komentar:

  1. Link downloadnya Program Kerja Kepala Lab. IPA SMP putus broo...

    BalasHapus
  2. Link-nya tetp gak bisa mas bro. Saya atasi dengan cetak, printernya diganti foxit ato nitro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Linknya masih oke .... setelah masuk adf.ly ... klik SKIP atau LEWATI di kanan atas ...

      Hapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.