Minggu, 18 Maret 2012

Pengumuman Hasil Uji Kompetensi Awal (UKA) Sertifikasi Guru 2012 (UPDATE)

Pelaksanaan Sertifikasi Guru merupakan salah satu wujud implementasi dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Tahun 2012 merupakan tahun keenam pelaksanaan sertifikasi guru yang telah dilaksanakan sejak tahun 2007. Perbaikan penyelenggaraan sertifikasi guru terus dilakukan dari tahun ke tahun untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Penyelenggaraan sertifikasi guru tahun 2012 mengakomodasi beberapa perubahan, baik substansi akademik maupun proses penetapan peserta. Pada substansi akademik perubahan dilakukan dengan dilaksanakannya uji kompetensi awal sebelum mengikuti PLPG. Pada proses penetapan peserta perubahan dilakukan dengan: (1) sistem perangkingan yang terintegrasi dengan data base NUPTK dan dipublikasikan secara online, (2) usia menjadi kriteria utama dalam proses perangkingan, dan (3) perangkingan tidak lagi dikelompokkan menurut jenjang pendidikan dan status kepegawaian. Perubahan-perubahan tersebut perlu dipahami dengan baik oleh semua unsur yang terkait dalam penyelenggaraan sertifikasi guru, baik di pusat maupun di daerah.

Pelaksanaan uji kompetensi awal sebelum mengikuti PLPG merupakan salah satu bentuk upaya penjaminan mutu proses pelaksanaan sertifikasi guru. Uji kompetensi awal ini bertujuan untuk menetapkan akademik minimal peserta PLPG.

Nah, Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Guru Tahun 2012 telah dilaksanakan dan hari Minggu tanggal 18 Maret 2012 merupakan hari dan tanggal yang dinanti-nanti oleh para peserta karena menurut rencana hasil UKA 2012 akan diumumkan.

Sejak Sabtu malam tanggal 17 Maret 2012 sudah ada beberapa teman termasuk saya (he ... he ... he ...) yang nyanggong di website resmi sertifikasi guru kemdiknas, siapa tahu tiba-tiba sudah muncul hasilnya.
Sejak sore saya sudah ON di depan komputer menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah. Pukul 21.00 iseng-iseng ONLINE sekalian checking status di facebook + mengintip  website resmi sertifikasi guru kemdiknas. Namun sampai pukul 24.00 pengumuman belum muncul juga, akhirnya setelah beberapa pekerjaan sudah selesai, saya menuju ke peraduan.
Pagi harinya pukul 06.00 ONLINE lagi ..... ternyata belum ada juga itu pengumuman. Kok tampak bernafsu sekali ya saya. Iya .... lah, maklum pukul 04.28 sudah ada teman di desa nun jauh di sana yang sms menanyakan hasil UKA 2012.
Nah, tepat .... sekitar pukul 07.20 muncullah yang ditunggu-tunggu :

Namun ternyata ditunda, maka segera saya sms teman-teman peserta UKA 2012 mengenai kabar tersebut. Mereka ternyata harus bersabar lagi dan menambah hari berdebar-debar dalam hidup mereka. Semoga hari Kamis nanti tidak ditunda lagi.


UPDATE : Kamis, 22 Maret 2012
Hari berdebar-debar telah berlalu. Selamat kepada Bapak/Ibu Guru yang telah dinyatakan lulus Uji Kompetensi Awal Tahun 2012, PLPG telah menanti anda. Silahkan download pengumuman hasil UKA 2012 di bawah.

Mendikbud Mohammad Nuh membeberkan, dengan nilai rata-rata 50,1 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) didaulat mendapat predikat sebagai provinsi dengan nilai rata-rata UKA tertinggi, disusul oleh DKI Jakarta (49,2), Bali (48,9), Jawa Timur (47,1), Jawa Tengah (45,2), Jawa Barat (44,0), Kepulauan Riau (43,8), Sumatera Barat (42,7), Papua (41,1) dan Banten (41,1).

Download  :
–  Pengumuman Hasil UKA 2012 (JAWA TENGAH)
–  Pengumuman Hasil UKA 2012 (JAWA BARAT)
–  Pengumuman Hasil UKA 2012 (JAWA TIMUR)
–  Pengumuman Hasil UKA 2012 (DIY)

CATATAN:
File-file di atas mohon hanya digunakan sebagai referensi saja. Dan untuk validitasnya mohon di cross check sendiri di web resmi sergur kemdiknas disini.

UPDATE : Jumat, 23 Maret 2012
Mulai hari ini website sertifikasi guru kemdiknas sudah normal dan bisa di akses lagi. Untuk melihat pengumuman hasil UKA silahkan klik disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.