Senin, 01 Desember 2014

Aplikasi Raport Instan SMP Kurikulum 2013


Sesuai Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014
MASUKKAN NILAI SKALA 100, NILAI KONVERSI DAN DESKRIPSI OTOMATIS

Sistem Penilaian Kurikulum 2013 mensyaratkan penilaian tidak hanya menyentuh ranah kognitif, namun juga menyentuh ranah psikomotorik dan afektif. Sistem penilaian ini sebenarnya sudah lama diterapkan namun penilaian psikomotorik dan afektif masih terasa terabaikan karena tidak terakomodasi dalam format raport sekolah.

Tuntutan Kurikulum 2013 memaksa guru harus lebih keras bekerja dalam melakukan penilaian terhadap peserta didik. Begitu kompleksnya sistem penilaian di Kurikulum 2013 menyebabkan kemustahilan kalau guru harus melakukannya secara manual. Oleh karenanya perlu dipikirkan adanya alat bantu berbasis IT untuk memudahkan guru dalam mengolah nilai.

Selain daripada itu kesulitan juga dialami oleh wali kelas dalam menulis raport. Isian raport yang sangat banyak dan rumit menyebabkan wali kelas akan kewalahan mengejar tenggat waktu pembagian raport yang biasanya dibagikan satu minggu setelah ulangan akhir semester atau ulangan kenaikan kelas.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi aplikasi raport yang saya buat untuk membantu teman-teman dalam menulis raport. Aplikasi ini saya sebut Aplikasi Raport Instan khusus untuk SMP. Instan karena di dalamnya sudah ada fitur untuk konversi nilai skala 100 menjadi nilai skala 4, nilai huruf, dan deskripsi yang bersifat umum untuk semua mata pelajaran. Aplikasi ini terinspirasi dari realita bahwa belum semua sekolah menyiapkan diri melakukan penilaian dengan proses yang urut dan runtut. Kondisi ini menyebabkan guru dan wali kelas mengalami kesulitan untuk membuat deskripsi untuk nilai sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang spesifik sesuai dengan mata pelajarannya. Terlebih lagi juga pasti guru akan mengalami kesulitan untuk membuat deskripsi spesifik untuk mata pelajarannya sendiri. Deskripsi yang spesifik sampai menyebutkan sudah menguasai, memerlukan perbaikan, atau belum menguasai KD tertentu, merupakan deskripsi ideal yang butuh penyiapan matang di awal semester.

Untuk itu aplikasi ini bersifat emergensi, hanya dengan tujuan mengatasi kendala-kendala di atas, yang penting wali kelas tidak kesulitan menulis rapat dan peserta dapat menerima raport sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
Semoga aplikasi ini bermanfaat untuk kita semua, terkhusus untuk dunia pendidikan Indonesia.

Download : Aplikasi Raport Instan SMP v.02.14.12

Untuk mengakomodasi permintaan bapak/ibu guru yang sudah mempunyai aplikasi daftar nilai, dimana nilai konversi dan deskripsi sudah ada di aplikasi daftar nilai tersebut, berikut kami release aplikasi raport manual alias tidak INSTAN, hasil modifikasi dari Aplikasi Raport Instan.

Download : Aplikasi Raport SMP v.02.14.12

Buat bapak/ibu guru yang download file Aplikasi Raport sebelum tanggal 10 Desember 2014 siang mungkin menemukan perbedaan tampilan yang terjadi karena model huruf (Font) yang saya gunakan untuk Aplikasi Raport ini tidak ada pada PC/Laptop bapak/ibu. Untuk mengatasi hal tersebut berikut link download sebagian dari font yang saya gunakan dalam Aplikasi Raport ini. Silahkan didownload kemudian diekstrak dan copy-kan ke drive C: dalam folder Windows subfolder Font.
Namun untuk yang download setelah tanggal tersebut ... NO PROBLEM, karena sudah saya modifikasi.

Download : Font Aplikasi Raport

2 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.